ALAM TROPIKA

Indonesian Dreamed Garden

Tips Budidaya Jamur Merang (Volvariella volvacea) Bagi Pemula

Tips Budidaya Jamur Merang (Volvariella volvacea) Bagi Pemula

Haloo sahabat Alam Tropika!! budidaya jamur merang (Volvariella volvacea) sebenarnya tidak susah-susah amat kok.. lalu bagaimana caranya?? berikut adalah beberapa hal penting yang harus sahabat perhatikan jika ingin budidaya jamur merang untuk pertama kalinya. check this out!

  • Persyaratan Lokasi Jamur Merang

Jamur Volvariella volvacea yaitu jamur yang sudah banyak dikembangkan di  asia tenggara, khususnya di Indonesia

Adapun untuk memilih tempat budidaya yang penting  adalah tempat yang pas serta memiliki akses  mudah agar biaya keluar untuk budidaya tidak terlalu tinggi.

Sebab kita sudah tinggal di  tropis jadi ga perlu susah ya untuk mencari tempat mendukung, yukk kita manfaatkan!!

  • Sarana dan Prasarana Budidaya Jamur Merang

Dalam membangun usaha budidaya jamur merang maka dibutuhkan beberapa sarana antara lain:

  1. kumbung/mushroom house : kumbung ini berbentuk seperti rumah, yang didalamnya terdapat rak-rak untuk meletakkan media dan bibit.
  2. alat pasturisasi: fungsi dari alat ini adalah untuk mensterilkan media jamur dari kontaminan atau jamur lain yang kemungkinan bisa tumbuh.
  3. termometer: untuk memantau suhu yang ada,
  4. hygrometer: untuk memantau kelembaban udara yang di kumbung
  5. alat penyiraman: untuk memberi suplai air pada jamur, bisasanya metode penyiraman dengan pengembunan hal ini karena agar tidak mempengaruhi jamur
  6. bahan untuk media: untuk membuat media jamur merang, media dapat dibuat dengan jerami atau kardus lohh.. simpel kan..!

 

  • Pembuatan Media Tanam Jamur Merang

Media untuk membuat jamur merang dapat menggunakan media utama jerami padi. Adapun bahan-bahan yang diperluakan untuk pembuatan media jamur merang antara lain:

  1. Jerami padi 1 ton, akan menghasilkan 140-280 kg jamur tiram
  2. Kapur 2-3% berat kering jerami padi
  3. Dedak halus 10-15% dari berat kering jerami padi
  4. Air
  5. Plastik penutup
  6. Faktor Lingkungan yang harus dipenuhi

Sedangkan  cara pembuatannya meliputi 3 tahap yaitu:

  1. Pertama, jerami padi direndam terlebih dahulu hingga benar-benar basah, lalu setelah itu dituangkan kapur sebanyak 2-3% dari berat jerami kering. Kemudian disusun membentuk persegi dan ditumpuk hingga tinggi mencapai 1-1,5 meter.setelah itu tutup dengan menggunakan plastik dan didiamkan selama 4-5 hari
  2. Kedua, posisi jerami dibalik dan disusun kembali seperti ketentuan sebelumnya membentuk kotak dengan ukuran 1-1,5 meter kemudian ditutup kembali dengan plastik dan didiamkan selama 4-5 hari
  3. Ketiga, langkah terakhir, hampir sama dengan langkah kedua yaitu posisi jerami dibalik, lalu ditambahkan dengan dedak halus 10-15% dari berat kering jerami. dan disusun sama membentuk persegi dengan tinggi 1-1,5 meter lalu ditutup kembali dan didiamkan selama 4-5 hari. setelah langkah ketiga maka media sudah dapat digunakan, ciri-ciri media yang baik adalah bewarna coklat kehitaman dan bau tidak kecing.
  • Faktor Lingkungan Jamur yang Harus dipenuhi

Dalam budidaya jamur merang terdapt kurang lebih 3 fase dan dalam masing-masing ada faktor-faktor lingkungan yang harus dipenuh yaitu:

Fase setelah penaburan bibit jamur merang (4—6 hari)

  1. Kelemabab udara harus dijaga 90%
  2. Suhu 35-38 derajad celcius
  3. Keadaan dibiarkan gelap (tanpa cahaya)
  4. Tidak perlu dilakukan penyiraman

Fase pembentukan primordial (4-6 hari)

  1. Kelembaban harus dijaga dan ditingkatkan hingga  95-100%
  2. Suhu 30-33 derajad celcius
  3. Diperlukan cahaya alami, atau penerangan lampu selama 12jam/hari
  4. Dilakukan penyiram setiap hari dengan metode pengebutan

Fase pemanenan pada fase hanya perlu menjaga Kelembaban 85-90% untuk Satu  Periode (dari  dimulai penyiapan media hingga pemanenan) dibutuhkan waktu 45 hari

Nah Begitulah Sahabat Alam Tropika, hal-hal yang perlu diperhatikan untuk budidaya jamur merang bagi pemula. Gimana ? Mudah kan! Semoga bermanfaat ya Sahabat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *