ALAM TROPIKA

Indonesian Dreamed Garden

Siapa bilang bisnis di bidang pertanian ngga menjanjikan?? Berikut penjelasanya..!

Siapa bilang bisnis di bidang pertanian ngga menjanjikan?? Berikut penjelasanya..!

Haloo sahabat Alam Tropika!! Di zaman milenial ini banyak anggapan, berkecimpung di dunia pertanian itu ngga keren. Bahkan Ada yang bilang bertani itu ketinggalan jaman. Tidak heran jika jumlah petani di Indonesia kian hari semakin berkurang, mereka enggan jadi petani, meneruskan garapan sawah milik ayahnya “Mending kerja jadi buruh prabik…”. Sementara yang hidup di Kota, jangankan jadi petani, kena sinar matahari sedikit saja sudah.. Waow.. Ngeluhnyaa ga ketulungan..

Generasi muda yang saat ini terjun di bidang pertanian sangatlah sedikit, menurut mentri pertanian Andi Arman Sulaiman para petani di tanah air saat ini, sudah didominasi oleh golongan tua, dan sangat susah mencari generasi penerus. Apabila kondisi ini terus berlangsung selama beberapa tahun kedepan. Maka tidak mustahil petani di Indonesia akan punah. Kebayang ngga sahabat altrop, apa jadi nya negara Indonesia tanpa petani?? :(((

Berikut adalah 3 alasan kenapa sahabat altrop khususnya golongan muda harus terjun bebas di bidang pertanian. Yaaaa Mendingan bertanilah daripada menganggur hehehe.. Percayalah bertani itu bukan memalukan tapi menggiurkan. Check this out!

1. Indonesia, tanah surga

Sahabat altrop pasti tidak asing dengan lirik “Bukan lautan tapi kolam susu,..” Lalu pada endingnya “tongkat dan batu jadi tanaman..”. Yup benar sekali.. Indonesia adalah negeri yang sangat subur, apapun yang ditanam bisa tumbuh, jadi tanaman, lalu bisa dimanfaatkan..dengan tanah subur usaha di bidang agraris akan lebih mudah. Bukankah tanah subur yang kita miliki merupakan karunia besar dari Allah sekaligus modal bagi diri kita..??? Sektor agragis seharurnya menjadi keunggulan bangsa Indonesia.. Tapi lagi-lagi tidak banyak dari diri kita yang menyadari akan modal besar ini.. Banyak dari kita justru lebih memilih menjadi pengemis di rumah sendiri. Ayooo sahabat altrop kita buat Indonesia berjaya kembali di sektor agraria. Kalo bukan dari kamu siapa lagi?

2. Market terjamin!!

Adakah manusia yang ngga butuh makan? Tentu jawabanya tidak ada. Nah itulah gambaran keadaan pasar. hasil pertanian sampai kapanpun akan dibutuhkan oleh semua orang. Bahkan makan bagi manusia adalah kebutuhan paling tinggi dan penting. Oleh sebab itu sebagai seorang petani kita tidak perlu takut kalau-kalau produk kita tidak laku dipasaran.

3. Sekarang bertani tidak harus punya lahan

Jika dulu kita membayangkan bahwa bertani harus punya lahan luas namun, saat ini seiring perkembangan teknologi, bertani tidak selalu harus punya lahan. Metode hidroponik solusinya. Dengan lahan sempit sahabat altrop masih bisa menghasilkan produk yang menguntungkan.

 

Ketiga alasan itulah mengapa usaha pertanian akan menjadi usaha yang prospektif di masa depan. Jadi tunggu apalagi sahabat altrop? Para generasi muda.. Mari kita kembalikan kebesaran Nusantara melalui sektor agraria. Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *