ALAM TROPIKA

Indonesian Dreamed Garden

Mengejutkan! Raih Omset Jutaan Dengan Menembus Pasar Ekspor

Mengejutkan! Raih Omset Jutaan Dengan Menembus Pasar Ekspor

Hallo Tropers! Jangan Cuma import2 terus donk, coba sesekali ekspor ke luar ya kan? Menurut kalian komoditi apa sih yang bagus untk pasar ekspor? Tulis komentar donk!, Nah kali ini mimin akan membagikan artikel seputar peluang untuk meraih omset jutaan dengan mengekspor hasil tanaman holtikultura terutama ubi madu ya, Simak artikel dibawah yuk!

Tanah pertanian di Indonesi a sangat cocok ditanami berbagai jenis tanaman hortikultura, karena tanahnya subur dan sumber air yang melipah, terutama dikawasan lereng gunung. Hal itu bisa dijadikan sumber komoditi yang menjanjikan, apalagi dikelola secara professional dengan sistem pertanian modern. Salah satu tanaman yang memiliki potensi ekspor yang tinggi adalah ubi madu, tahan lama jika disimpan (dibanding tanaman lain) dan harganya juga terbilang bagus, tropers. Beberapa waktu lalu mimin pernah membeli satu kilo ubi madu dan harganya Rp 20.000, cukup kaget kan tropers!

Ubi Cilembu atau biasa disebut Ubi madu termasuk kultivar ubi jalar ras lokal yang berasal dari Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi ini sudah dikenal sejak 1990 tropers, dan baru populer beberapa tahun silam, faktanya ubi ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh dan hanya dapat ditemukan di Indonesia. Ubi ini sangat cocok dikonsumsi untuk semua kalangan, bahkan sangat cocok untuk program diet karena rendah kolesterol dan gula.

Ubi madu memiliki cita rasa yang sangat lezat. Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi ubi madu juga memiliki pasar yang luas. Hampir setiap orang menyukai ubi yang satu ini, karena rasanya yang manis seperti ada campuran cairan madu, tak heran jika di Indonesia variasi ubi ini dijuluki ubi madu. Beberapa penelitian mengatakan bahwa Ubi madu dapat menggantikan nasi sama halnya dengan jagung, selain memiliki kandungan yang kaya karbohidrat, ubi ini bisa mengenyangkan perut. Tidak hanya di Indonesia, Ubi ini juga banyak digemari oleh orang luar negeri terutama dari kawasan asia seperti korea, singapura, jepang dll.

Banyak orang mengira bahwa ubi ini manis jika ditanam di Tanah Sumedang, Namun faktanya tidak begitu yang Tropers. Ada beberapa Petani yang mengembangkan ubi madu ini diluar dari daerah sumedang dan hasilnya cukup bagus tropers, memang sedikit berbeda dengan ubi yang ditanam di Tanah Sumedang tetapi kualitas yang dihasilkan tentu bisa bersaing. Seperti halnya cerita dari Channel Capcapung (link) seorang Petani asal Magelang yang berhasil ekspor ubi ini ke pasar luar negeri, sudah tentu kualitasnya bagus lho sekelas ekspor ya Tropers. Tak heran jika menanam ubi madu bisa mendapatkan hasil yang menggiurkan.

Harga jual ubi madu ini bisa terbilang bagus dan cukup stabil untuk pasaran di Indonesia. Hal itu memiliki potensi besar untuk memenuhi permintaan pasar pasar di Indonesia, selain dapat dikonsumsi langsung ubi ini juga dapat dijadikan sebagai bahan olahan seperti tepung ubi, roti, keripik ubi dll. Jangan disangka kalau potensi ubi ini bisa memilik omset jutaan apabila pengembangan dari hulu ke hilirnya di jalankan secara modern dan professional, dari mulai penanaman hingga pemarasarannya apalagi jika dapat menembus pasar ekspor.

Peluang ubi madu ini akan terus berkembang mengingat banyak peminat dari pasar luar negeri, dan ubi ini hanya satu satunya didapatkan di Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan jika pertanian luar negeri akan mengembangkan ubi yang satu ini.

Nah itu dia tropers, Peluang menanam ubi ubian memang sangat menjanjikan lho, dari segi penanaman dan perawatan gak ribet amat kok dan peminatnya juga banyak, apalagi bisa menjual dengan harga terjangkau, wah pasti laris tuh! Masih bingung? atau malah ingin makan ubi madu? hehe simak terus ya artikel kami terbaru.

Salam Tropers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *