ALAM TROPIKA

Indonesian Dreamed Garden

Konsep Petani Modern, Apa Keuntungan dan Kelebihannya?

Konsep Petani Modern, Apa Keuntungan dan Kelebihannya?

Oke sahabat alam tropika, penasarankan dengan konsep petani modern itu, simak ya artikel ini!

Pada umumnya seorang petani harus panas panasan, mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran untuk mengolah lahan yang begitu luas. Terlebih lagi saat proses pengolahan tanah siap tanam dan penanaman bibit ke sawah, itu membutuhkan banyak tenaga, biasanya dilakukan oleh buruh tani. Efektifitas dan efisiensi dengan sistem tradisional borongan ternyata kurang berdampak besar, karena kemampuan tenaga dengan keluasan lahan tidak sebanding, bayangkan saja untuk menanam 1 hektar lahan harus membutuhkan tenaga ekstra untuk mengolah tanah siap tanam atau biasanya dilakukan dengan bantuan sapi/kerbau. Penggunaan teknologi tradiosional hanya berlaku bagi petani skala kecil, tidak untuk skala besar yang membutuhkan bantuan teknologi teknologi modern.

Pertanian skala kecil maupun besar ternyata dapat dikelola secara modern, dengan mengaplikasikan konsep modern yaitu menggunakan teknologi pertanian modern  yang tidak terhubung dengan sistem elektronik ataupun yang terhubung, misalnya dalam pengolahan lahan siap tanam menggunakan alat seperti traktor, cultivator atau rotavator , kemudian dalam proses irigasi bisa menggunakan sprinkler (penyiraman secara otomatis), penanaman bibit bisa menggunakan planter/transplanter, dll. Penggunaan teknologi modern tersebut dapat menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam bertani, sehingga hasilnya dapat terkontrol dan maksimal.

Adapun implementasi dari konsep petani modern ada kelebihan dan kekurangan, berikut ini beberapa poin kelebihan dari bertani secara modern:

  1. Tidak banyak membutuhkan tenaga tani
  2. Mempermudah dalam pekerjaan
  3. Lebih efektif dan efisien, terutama untuk lahan yang luasnya diatas 10 hektar
  4. Dapat terkontrol dengan baik terutama dalam manajemen bertani

Dan kekurangannya ialah;

  1. Membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk membeli alat alat tersebut
  2. Pemberdayaan terhadap warga sekitar yang berprofesi buruh tani berkurang
  3. servis alat alat modern harus lebih diperhatikan
  4. tidak cocok untuk lahan yang sempit

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan pada konsep petani modern itu, petani harus mengerti bagaimana pengelolaan lahan agar efektif dan efisien, kalau seandainya pengelolaan tradisional dirasa lebih baik dan efektif maka itulah yang harus dilakukan.

Nah itu dia sahabat alam tropika!,, kalau kalian seorang petani mana yang kalian pilih?, antara konsep petani modern atau petani tradisional!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *